Saturday, October 25, 2014

#DIY Fermented Oatmeal Facial Mask and Scrub

Postingan saya kali ini berdasarkan karena penasaran sama postingannya Mbak Lintang yang ini. Gimana ga mupeng dan penasaran, wong di Mbak Lintang komedonya pada rontok semua, dan saya juga bermasalah dengan komedo, hingga facial menjadi rutinitas saya setidaknya sebulan sekali. Oke tanpa basa basi lebih lama lagi saya langsung mempraktekkan resep yang ada di blognya Mbak Lintang. Resep ini sama plek yang di share Mbak Lintang di blognya, soalnya ya saya emang ga bisa bereksperimen :D, saya manut ajalah pokoknya.


Bahan bahan dan Alat yang diperlukan antara lain :

  • Oatmeal, saya menggunakan Quaker's Oat Instan (kemasan merah)
  • Ragi roti, saya menggunakan merk Fermipan
  • Air
  • Wadah / Gelas kaca atau porselen, pokoknya jangan pakai wadah plastik yaa
  • Sendok
  • Plastik untuk menutup
  • Karet gelang
Selanjutnya mari di mulai eksperimen kita, uwuwuuuww :3
1. Siapkan bahan bahan seperti yang telah saya utarakan diatas. Untuk wadah dan sendok harus disteril dulu yaa, bisa dengan direbus diair mendidih atau dengan alkohol.

2. Ambil 3 sendok teh bubuk oatmeal, masukkan ke wadah kaca/porselen.


3. Tambahkan air secukupnya, ratakan, hingga seperti bubur oat.

4. Setelah rata, tambahkan ragi roti (fermipan) kedalamnya sekitar satu sendok teh. Ratakan kembali.

5. Kemudian tutup permukaan wadah dengan plastik yang dikencangkan menggunakan karet gelang. Tunggu sekitar 2 jam fermentasi.

Foto ini saya ambil setelah sekitar 1 jam fermentasi, sudah tampak gelembung udara yang menempel di plastik

6. Setelah 2 jam baru bisa gunakan untuk masker dan scrubing.

Perlu diketahui teksturnya menjadi sangat lengket, dan yaikkss baunya ga nahan. Udah kayak tempe busuk atau tape singkong yang udah kelamaan difermentasi. Ga enak deh pokoknya. Tapi setelah rata dimuka, hmm enak ada sensasi dingin gitu di muka. Untuk menggunakannya ratakan diseluruh muka, terutama di tempat yang banyak komedo. Kemudian  diamkan sampai mengering, kalau di resep Mbak Lintang sekitar 20-30 menit, lha tapi punya saya udah 30 menit belum terlalu mengering, jadi saya tambahkan waktunya menjadi sekitar 45 menit.
Untuk membilasnya, saya mengikuti resep yang diberikan mbak Lintang. Yaitu dengan membasahinya perlahan, ditepuk-tepuk lalu digosokkan memutar seperti saat kita scrubing hingga oatsnya berguguran. Sejujurnya proses ini memakan waktu yang lama, soalnya harus bener-bener bersih dan tanpa menggunakan sabun, karena oat sudah mengandung saponin sebagai cleansing agent.
Setelah itu gunakan toner, saya sih cuma punya satu toner dari Ella Organic Skin Care, ya gunakan aja seadanya dengan ditepuk-tepuk menggunakan kapas, bukan diusap yaa.
Efek dimuka yang saya rasakan adalah muka terasa lembab, halus, kenyel gitu deh. Dan benar komedo yang nangkring di hidung saya udah gugur, dengan catatan ini komedo baru ya. Bukan komedo yang udah nongkrong berminggu-minggu.
Seperti ini lah, dan maaf agak blur fotonya.
Pokoknya ya begitulah hasilnya. Komedo pergi, hari berseri :D
Setelah sukses dipercobaan pertama, saya mencoba lagi namun oat yang saya buat agak encer. Lha kok malah sehabis maskeran dibagian hidung saya tepatnya antara dua lobang hidung jadi mengelupas, bahasa jawa nya nglodogi tapi enggak merah mengelupasnya. Saya ga tau kenapa jadi seperti ini, dari sekarang daerah tersebut saya hindari dari olesan masker ini.

Pros : 
Ampuh mengusir komedo (blackhead) Most Important !
Kulit muka jadi lembab tapi tidak minyakan dan kenyal
Bahan mudah didapatkan
Mudah pembuatannya
Cons :
Baunya gak enak, yaikks
Kalau disaya dibagian hidung tepatnya antara lobang hidung jadi mengelupas, mungkin saya harus menghindari daerah tersebut dari olesan masker.

Thanks To : Mbak Lintang Rinastiti yang sudah share resepnya. Bighugs{}

2 comments:

  1. hai olga..
    aku ikut seneng resep ini ampuh di kamu. hehehe.. baunya emang dahsyat. kadang aku campur rempah2 supaya baunya agak mendingan. aku heran ada juga yg bilang baunya enak, udah kebal mungkin ya

    ReplyDelete
  2. Mbak Lintang : hai juga mbak..
    iya nih baunya yang bikin ga kuat -_- masa ada yg bilang enak? :O kalo campuran rempahnya ikut difermentasi jg mb? apa gimana? kalo ditambahin teh gimana ya mb? teh celup trs dibuka isinya gt

    ReplyDelete