Friday, August 8, 2014

Serial India Terbaru ANTV Ramayana

Oke sepertinya ANTV mulai latah. Setelah suksesnya serial Mahabharata dan Mahadewa, kemudian yang diikuti dengan The Adventures of Hatim dan Jodha Akbar, ANTV sudah gembar-gembor lagi nih, bakal mau nayangin Hanuman dan Ramayana. Ga tau deh mau ditayangin kapan, di iklannya sih masih Segera alias Coming Soon. Setelah hasil googling sini googling sana, ngubek-ubek timeline Official Twitter ANTV akhirnya nemu juga Ramayana yang dimaksud. Jadi ceritanya ANTV mau nayanging Ramayana yang pernah tayang di salah satu chaneel India yaitu ZeeTV. Ramayana ANTV 2014 atau Ramayan ZeeTV 2012 merupakan serial dengan panjang durasi 56 episode. Saya sempet mikir kok yang ditayangin yang versi ZeeTV yaa? Denger-denger diforum serial Ramayana yang ini katanya ga terlalu bagus bagus amat gitu. Ya kalau diliat dari jumlah episode sih paling sedikit dari serial Ramayana buatan NDTV Imagine dengan 300 episode dan Ramayana versi Ramanand Sagar dengan 78 episode. Eh setelah saya buka YouTube meskipun cuma 56 episode tapi panjang episodenya lumayan lama yaitu sekitar 45 menitan.
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Ramayana ANTV. Coming Soon !

Back to Ramayan, Apa sih Ramayana? Kalo menurut wikipedia sih
kayak gini : "Ramayana (dari bahasa Sanskerta: रामायण, Rāmâyaṇa; yang berasal dari kata Rāma dan Ayaṇa yang berarti "Perjalanan Rama") adalah sebuah cerita epos dari India yang digubah oleh Walmiki (Valmiki) atau Balmiki." Jadi intinya Ramayana itu adalah cerita perjalanan dari Lord Ram (Rama) turun kebumi, seperti kita ketahui Rama merupakan salah satu avatar Dewa Wisnu. Dalam epic Ramayana terdapat beberapa tokoh antara lain :
1. Lord Ram / Sri Rama / Rama
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Gagan Malik as Lord Rama
Rama atau Ramacandra adalah raja legendaris yang berasal dari Kerajaan Kosala yang beribukota Ayodhya. Seperti kita ketahui menurut pandangan Hindu, ia merupakan awatara Dewa Wisnu yang ketujuh yang turun ke bumi pada zaman Tretayuga. Dalam Ramayana versi ZeeTV ini, Lord Rama diperankan oleh  Gagan Malik. Walaupun saya belum liat, tapi kok seakan pembawaan Rama dari Gagan Malik gimana gitu, seakan senyumnya kurang tulus. Pengennya yang jadi Lord Rama nya Saurabh Raj Jain, lebih ganteng dia soalnya. Ekekekekkekk :D
2. Sita / Dewi Sita / Dewi Shinta
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Neha Sargam as Dewi Sita
Ia merupakan istri dari Sri Rama, tokoh utama kisah tersebut. Menurut pandangan Hindu, Sita merupakan inkarnasi dari Laksmi, dewi keberuntungan, istri Dewa Wisnu. Inti dari kisah Ramayana adalah penculikan Sita oleh Rahwana raja Kerajaan Alengka yang ingin mengawininya. Penculikan ini berakibat dengan hancurnya Kerajaan Alengka oleh serangan Rama yang dibantu bangsa Wanara dari Kerajaan Kiskenda. Dewi Sita diperankan oleh Neha Sargam, doi adalah salah satu finalis (kayaknya) di Indian Idol. Cantik sih orangnya tapi agak chubby pipinya :D. 
Update 9 Jan 2015 -- ternyata setelah liat di Mahacinta Show kemarin, aslinya dia cantik book, lebih cantik dari Shafaaq & Pooja menurutku :D. Ga cuma cantik, she is smart too, dibuktikan dengan dikantonginya ijazah dari University of Patna jurusan  Advertising and Marketing.
3. Laksmana / Laksamana / Leksmana / Laxman
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Neil Bhatt as Laksmana
Laksmana merupakan putera ketiga Raja Dasarata yang bertahta di kerajaan Kosala, dengan ibukota Ayodhya. Ia merupakan adik dari Sri Rama, selain itu Laksmana juga memiliki kakak keduanya bernama Bharata, dan adiknya sekaligus kembarannya bernama Satrugna. Di antara saudara-saudaranya, Laksmana memiliki hubungan yang sangat dekat terhadap Rama. Mereka bagaikan duet yang tak terpisahkan. Ketika Rama menikah dengan Sita, Laksmana juga menikahi adik Dewi Sita yang bernama Urmila, namun ada versi lain yang mengatakan alau Laksmana ini seorang brahmacari (tidak menikah). Laksmana merupakan penitisan Shesha. Shesha adalah ular yang mengabdi kepada Dewa Wisnu dan menjadi ranjang ketika Wisnu beristirahat di lautan susu. Shesha menitis pada setiap awatara Wisnu dan menjadi pendamping setianya. Dalam Ramayana, ia menitis kepada Laksmana sedangkan dalam Mahabharata, ia menitis kepada Baladewa. Saya tidak tahu mengapa Neil Bhatt memerankan sebagai Laksmana yang notabene adalah adiknya Rama, tapi kok kelihatannya lebih tua mukanya yang jadi Laksman ini ya XD.
4. Hanuman / Hanoman / Anoman
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Thakur Anoop Singh as Hanoman
Hanoman (Sanskerta: हनुमान्; Hanumān) juga disebut sebagai Anoman, adalah anak Dewa Bayu dan Anjani, saudara dari Subali dan Sugriwa. Dalam epos Ramayana, Hanuman membantu Sri Rama dalam pencarian Dewi Sita. Ketika Rahwana hendak memberikan hukuman mati kepada Hanoman, Wibisana adik kandung Rahwana membela Hanoman agar hukumannya diringankan, mengingat Hanoman adalah seorang utusan. Kemudian Rahwana menjatuhkan hukuman agar ekor Hanoman dibakar. Melihat hal itu, Sita berdo'a agar api yang membakar ekor Hanoman menjadi sejuk. Karena do'a Sita kepada Dewa Agni terkabul, api yang membakar ekor Hanoman menjadi sejuk. Lalu ia memberontak dan melepaskan Brahma Astra yang mengikat dirinya. Dengan ekor menyala-nyala seperti obor, ia membakar kota Alengka. Kota Alengka pun menjadi lautan api. Setelah menimbulkan kebakaran besar, ia menceburkan diri ke laut agar api di ekornya padam. Penghuni surga memuji keberanian Hanoman dan berkata bahwa selain kediaman Sita, kota Alengka dilalap api. Oya yang meranin Hanuman ini adalah Thakur Anoop Singh, itu loo yang di Mahabharat StarPlus meranin Maharaj Dritarashtra. Yaampunn... salah satu aktor India favorit saya tuh... tapi kenapa jadi Hanuman sih? :( Masak Hanuman cakepp... :* hehehe maap ngelantur.
Update 9 Jan 2015 -- yaelaahh kemarin iseng iseng nonton Ramayana ehh saya malah bertanya-tanya. Lohh Anoop nya mana? Kok Hanumannya ga ada "potongan" Anoop sama sekali. Dan setelah saya cek di wikipedia lagi Hanuman ini diperankan oleh  Sanchit Verma. Auukk deh sapa dia, cari di wikipedia ga nemu, googling juga ga ada, cuma dapet link Linkedin-nya, tapi ga tau yang dimaksud itu Sanchit Verma actor apa bukan, soalnya profilnya ga mencerminkan actor euyy. Maapkan saya qaqa --"
5. Dasharath / Dasharatha / Dasarata
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Rishabh Shukla as Dasarata
Prabu Dasarata adalah ayah dari Rama. Ia memerintah Kerajaan Kosala dengan Ibukota Ayodhya dengan bijaksana lagi pemurah. Ia memiliki tiga orang istri yaitu Dewi Kosalya yang melahirkan Sri Rama, Dewi Kekayi yang melahirkan Bharata dan Dewi Sumitra melahirkan putera kembar yaitu Laksamana dan Satrugna.
Dasarata yang sudah tua hendak menobatkan Rama sebagai raja, sebab Rama adalah putera sulung sekaligus yang paling diharapkan Dasarata. Namun tindakannya tersebut ditentang oleh permaisurinya yang paling muda, yaitu Kekayi. Atas tuntutan Kekayi, Dasarata membuang Rama ke dalam hutan. Setelah membuang Rama ke tangah hutan, Dasarata membenci Kekayi dan ia tidak sudi lagi jika wanita tersebut mendekatinya. Tak beberapa lama kemudian, Dasarata jatuh sakit. Dalam masa-masa kritisnya, ia bersedih sambil mengenang kembali dosa-dosanya. Ia juga mengungkit kisah masa lalunya yang kelam di waktu muda kepada Kosalya, yaitu membunuh pertapa muda yang kedua orangtuanya buta. Dalam kesedihannya, Dasarata meninggal dunia karena sakit hati. Dalam Ramayana kali ini Prabu Dasarata diperankan oleh aktor kawakan Rishabh Shukla.

6. Ravan / Ravana / Rahwana / Dasamuka
Serial India Terbaru ANTV Ramayana
Sachin Tyagi as Rahwana
Prabu Dasamuka atau sering disebut dengan Rahwana adalah tokoh utama yang bertentangan terhadap Rama. Dalam kisah, ia merupakan Raja Alengka, sekaligus Rakshasa atau iblis, ribuan tahun yang lalu.
Rawana dilukiskan dalam kesenian dengan sepuluh kepala, menunjukkan bahwa ia memiliki pengetahuan dalam Weda dan sastra. Karena punya sepuluh kepala ia diberi nama "Dasamukha" (दशमुख, bermuka sepuluh), "Dasagriva" (दशग्रीव, berleher sepuluh) dan "Dasakanta" (दशकण्ठ, berkerongkongan sepuluh). Ia juga memiliki dua puluh tangan, menunjukkan kesombongan dan kemauan yang tak terbatas. Ia juga dikatakan sebagai ksatria besar. Puncaknya ketika Rahwana menculik Dewi Sita yang hendak ia sunting. Tindakan Rahwana mengundang kemarahan Rama. Dengan bantuan dari raja wanara bernama Sugriwa, Rama menggempur Alengka. Untuk mengantisipasi serangan Rama, Rahwana mengirimkan pasukan terbaiknya yang dipimpin oleh raksasa-raksasa kuat.
Rahwana diperankan dengan apik oleh Sachin Tyagi.

Trailer Promo RAMAYANA ANTV 2014

UPDATE 26 AGUSTUS 2014
Jadi kemarin pas nonton ANTV, muncul iklan Ramayana lagi. Jadinya bakal ditayangin mulai tanggal 1 September 2014 Pk 21.30 WIB. 

Ahihiii ada kabar gembira untuk semua sekarang Olga's Daily menyediakan Link Download Ramayana lhooo.

No comments:

Post a Comment